Jumat, 08 Maret 2013

Kembangkan potensi untuk mraih prestasi-PIDATO



TUGAS UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA

Nama              : Reno
Ruang             : 36
No peserta      : 08-024-012-5




Yang Terhormat Kepala Sewkolah,
Yasng terhormat Suster,
Yang terhormat dewan guru dan  stap tata usaha, serta teman teman yang saya cintai..

Sebagai insan  yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, marilah tidak henti-hentinya kita bersyukur kepada-Nya atas limpahan Rahmat dan karunianya, sehingga kita masih diberi kesehatan baik jasmani maupun rohani sehingga dapat menyalenggarakan kegiatan di berpidato ini.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan “kembangkan potensi untuk mraih prestasi”. Prestasi belajar  diperlukan untuk meraih apa yang kita inginkan di masa depan.

Kita sering mendengar kata prestasi, baik yang di ucapkan oleh ibu/bapak guru maupun teman-teman kita. Tapi, apakah yang dimaksud dengan prestasi itu?. Prestasi menurut para ahli adalah capaian atau hasil akhir yang bisa dilihat setelah proses belajar.

Untuk mendapat prestasi belajar tersebut, diperlukan factor-faktor pendorong yang bisa memompa semangat, di antaranya :

a.       Motivasi. Motivasi memegang peranan penting dalam meraih prestasi. Siswa dengan motivasi yang tinggi walau kemampuannya biasa saja bisa meraih hasil yang lebih  tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan tinggi tetapi tanpa motivasi.

b.      Dukungan lingkungan. Lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu faktor penting di dalam prestasi belajar siswa. Saat siswa bergaul di lingkungan siswa-siswa yang senang belajar, maka siswa dapat menjadi lebih giat dalam belajar. Sebaliknya, saat siswa bergaul dengan siswa-siswa yang senang bermain, maka siswa juga akan melakukan hal yang sama.

c.       Ketersediaan berbagai teknologi. Sering di lihat siswa-siswa sering menggunakan berbagai fasilitas teknologi, namun banyak yang memanfaatkannya untuk kegiatan negatif. Oleh karena itu, perkembangan teknologi sering menghancurkan prestasi yang telah diraih oleh siswa saat digunakan secara tidak tepat.

d.      Dukungan Orang Tua. Keberhasilan seorang siswa tidak terlepas dari keikutsertaan orang tua dalam memberikan dukungan. Di dalam setiap usaha yang dilakukan oleh siswa dalam mencapai prestasi belajar, orang tua selayaknya mendampingi dan memberi semangat. Orang tua dapat memberikan pujian dan penghargaan untuk segala prestasi belajar siswa yang di raihnya.

Selain factor-faktor di atas, metode pembelajaran yang efektif juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan metode ceramah sangat tidak disenangi oleh para siswa karena hanya menjelaskan materi hanya secara lisan tanpa adanya contoh-contoh yang dapat membantu siswa. Pada zaman sekarang, metode pembelajaran yang  banyak digunakan adalah metode diskusi, artinya peserta didik sebagai pelaku utama pembelajaran. Untuk itu, peserta didik harus aktif dalam diskusi sehingga memahami pelajaran.

Teman-teman yang saya cintai

Adanya tips dan trik untuk meningkatkan prestasi belajar juga di perlukan oleh para siswa, agar siswa tidak hanya mengingat pelajaran satu kali saja, tetapi seumur hidupnya, maka di perlukan adanya tips dan trik, antara lain :

a.       Mengulang pelajaran secara rutin.
Biasakan mengulang pelajaran secara rutin setiap hari, meskipun hanya sekali membaca.

b.       Selangkah lebih maju.
Manfaatkan waktu luangmu untuk membaca setidaknya satu bab lebih awal dari teman sekelas.

c.       Jangan menumpuk ketidak pahaman terhadap pelajaran.
Begitu ada yang tidak mengerti atau tidak paham sebaiknya ditanyakan langsung kepada bapak/ibu guru, atau meminta temanmu yang paham untuk menerangkan.

d.      Membawa buku catatan kecil.
Untuk pelajaran hafalan, usahakan punya buku catatan untuk meringkas poin-poin penting, dengan rapid an sistematis.

e.       Ikut bimbingan belajar
Ikut bimbingan belajar juga membantu memahami pelajaran-pelajaran dengan lebih baik.

            Untuk itu, demi memperoleh prestasi belajar secara baik, harus di butuhkan niat dan kesungguhan dalam menguasai pelajaran, dukungan penuh keluarga juga membantu untuk membentuk prestasi belajar.

            Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga kita semua medapatkan hal-hal yang baru dan menjadikan manfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan di hati anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar